Rab. Des 23rd, 2020
kitolod obat iritasi mata

ragam.info – Ragam cara obati iritasi mata Dibalik ragam pengobatan mata secara medis. Ternyata tumbuhan yang tumbuh di bumi ini dipercaya mampu membersihkan mata dari debu dan kotoran lainnya.

Salah satu tumbuhan yang tersebut adalah bunga Kitolod. Bunga ini merupakan tanaman obat keluarga yang memiliki tangkai bunga memanjang dan mahkota menyerupai bintang berwarna putih bersih.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Tanaman obat keluarga ini kita mengenalnya dengan nama Bintang lima atau Kembang jangar. Bunga jangar yang susah kita dapatkan di alam ini memang lama terkenal sebagai obat iritasi mata yang berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran yang menempel pada permukaan mata. Selanjutnya sebagai obat herbal katarak, rabun, mata minus, atau jenis sakit mata lainnya.

Bunga berbentuk bintang berwarna putih bersih ini, bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan mata. Khasiat lainnya adalah berguna juga untuk mengobati sakit gigi, bronkhitis, asma, obat luka ringan bahkan sebagai obat kanker.

Zat kimia bunga kitolod yakni alkoid, saponin, flavonoid dan felifenol ini kita meyakini mampu menyembuhkan iritasi pada mata.

Selain bermanfaat ada bagian yang membahayakan dari bunga bintang berwarna putih ini, bagian yang membayakan kesehatan itu harus menghindarinya, khususnya getah karena mengandung racun, hal ini akan membayakan kesehatan mata.

Namun demikian, zat-zat kimia pada bunga ini belum ada penelitian lebih lanjut. Mungkin para peneliti ini lagi sibuk dengan vaksin covid-19 dan mengisi berbagai webinar sehingga belum memperbarui temuannya. Meski terkenal untuk obat mata, ada baiknya masyarakat awam berkonsultasi sama ahlinya seperti dokter spesialis mata.

Efek Samping

Dari ragam manfaatnya, ternyata bunga kitolod ini pun mempunyai efek samping.

Efek samping itu apabila kita gunakan terus menerus tanpa kontrol. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik bahkan membuat mata sakit, mulai dari iritasi sampai kebutaan. Ngeri juga ya bunga kitolod ini.

Untuk menghindari bahaya bunga kitolod bagi kesehatan mata ragam akan menjelaskan cara menggunakan bunga kitolod secara aman sehingga bermanfaat dan terhindar dari efek samping tersebut.

Agar aman untuk mata, petik bunga kitolod, rendam air bersih atau air hangat terlebih dahulu, teteskan satu kali sebelah kiri dan satu kali teteskan mata bagian kanan. Jika iritasinya parah segera ke dokter mata, jika terus meneruskan pada mata akan menyebabkan kebutaan.

Ini efek samping dari pemakaian bunga kitolod terhadap kesehatan mata kita. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik dan efeknya mengancam keselamatan nyawa kita termasuk panca indera manusia.

Jika terus-menerus diteteskan ke kornea mata akan memiliki efek samping sebab bunga kitolod mengandung zat-zat kimiawi seperti alkoid, saponin, flavonoid dan felifenol.

Selamat mencoba dan jangan berlebihan memanfaatkan bunga kitolod agar mata tidak kena efek samping yang mengancam nyawa manusia itu sendiri

dirangkum dari berbagi sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *