Rab. Des 23rd, 2020
ciri-ciri pendidikan non formal

Ragam.info – Beginilah Ciri – Ciri Pendidikan Non Formal Yang Jarang Dipahami Jelas Oleh Masyarakat. Sebuah pendidikan yang memiliki kategori non formal ini sendiri memiliki beberapa istilah dalam nama pendidikannya. Dimana istilah ini sering di dengar dengan nama komunitas, pendidikan yang mengacu pada luar sekolah, serta orang dewasa. Untuk pendidikan non formal ini sendiri memiliki ciri khas yaitu sebagai tambahan yang alternatif serta menjadi pelengkap dari pedidikan formal. Tujuan di adakannya pembelajar non formal ini sebagai pengembangan potensi melalui pengetahuan.

Istilah pendidikan non formal ini sendiri dalam pengakuannya yaitu dalam skala global yang dalam sejarag muncul pada tahun 1960. Dimana pada masa itu lembaga pendidikan ini terkena musibah yaitu menghadapi krisis ekonomi serta kurangnya pengetahuan tentang adaptasi. Hasil dari pendidikan non formal ini dapat di hargai setara dengan program yang berpendidikan formal. Dimana melalui proses penliaian yang penyertaannya dari lembaga yang telah di tunjuk oleh pemerintah langsung. Dan untuk pendidikan non formal ini langsung berhubungan dengan hobi.

Baca juga....  Buku, Pengertian, Sejarah dan Jenisnya

Beginilah Ciri – Ciri Pendidikan Non Formal Yang Jarang Dipahami Jelas    

Ciri – Ciri Pendidikan Non Formal

Untuk pendidikan yang non formal ini biasanya berfungsi sebagai pengisi waktu luang yang akan mengembangkan potensi peserta didik. Sehingga peserta didik ini mampu mengolah bakat maupun hobinya agar bisa menjalankan semua aktivitasnya. Dimana untuk peserta didik yang memiliki kategori pendidikan non formal ini biasanya bertempat di luar gedung untuk pembelajarannya. Biasanya untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran non formal ini tidaklah ada persyaratan yang khusus sebab tidak akan adanya kelulusan. Maka peserta didik dengan bebas untuk mendaftarnya.

Untuk kategori pendidikan non formal ini umumnya tidak adanya jenjang yang jelas. Dimana untuk kategori pembelajaran non formal ini juga memiliki program tertentu maupun khusus yang harus di tangani. Sehingga peserta didik dapat dengan bebas menentukan pilihan program yang akan mereka tuju. Untuk penguasaan pembelajaran ini sendiri juga akan di ajarkan oleh lembaga non formal di sini. Mengingat lemabag ini telah di keluarkan khusus oleh pemerintah yang akan membuat peserta didik lebih kreatif mendalami bakat serta hobinya. Seperti yang suka mengaji maka pesantren cocok.

Baca juga....  Inilah Tujuan Pendidikan Non Formal Yang Mempengaruhi Seseorang
Ciri – Ciri Pendidikan Non Formal

Untuk pendidikan non formal ini juga memiliki sifat yang sanat praktis serta khusus. Dengan demikian pembelajaran di sni sangatlag berlangsung secara singkat. Sehingga membuat peran peserta didik dalam mempelajarai semua jenis pelajaran yang di ajarkan semakin membuatnya kreatif. Dimana pembelajaran yang singkat ini akan membuat tingkat kecerdasan serta keterampilan dari peserta didik akan selalu baik. Meskipun waktu yang di tempuh terbilang singkat tetapi peserta didik dapat meningkatkan kemampuan akademik si peserta didik dalam mengikuti belajar di sekolah.

Pendidikan non formal ini sendiri terkadang juga mengadakan ujian yang akan membuat peserta didik terkesan akan memiliki kesuksesan. Pendidikan non formal ini juga dapat dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. Untuk pembelajarannya ini memiliki tujuan untuk membekali peserta dengan adanya keterampilan khusus. Untuk siapa saja yang ingin menempuh pendidikan di sini tidaklah ada batasan usia sehingga membuat anda semakin pintar dan kreatif.

Baca juga....  Berikut Manfaat Pendidikan Non Formal Yang Perlu Diketahui

Nah itulah beberapa  ciri – ciri pendidikan non formal  yang sudah jelas pengertian serta cirinya. Dengan begini seseorang tidak akan ada kesalah pahaman lagi mengenai apa sih yang di maksud dengan pendidikan non formal dan cirinya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *