Tempat Wisata di Lombok, Pernah Kunjungi?

oleh -10 views
tempat wisata di Lombok
tempat wisata di Lombok (Kuta Mandalika)

ragam.infoTempat wisata di Lombok, apa yang anda inginkan? Gunung, laut/pantai, hutan, adat, budaya? Yuk ke pulau yang secara administrasi terbagi dalam 1 Kota yakni Kota Mataram dan 4 Kabupaten yang masing-masing adalah Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur.

Tempat Wisata di Lombok (Kota Mataram)

  • Kota Tua Ampenan

Keberadaan gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur klasik. Lokasinya di Kota Tua Ampenan yang dulu sempat dikenal sebagai kota paling ramai dan merupakan kota pelabuhan utama di Lombok.

  • Pura Taman Mayura

Bangunan yang didirikan pada tahun 1744 ini memiliki desain arsitektur yang indah yakni Pura Taman Mayura pun merupakan salah satu peninggalan dari Raja Anak Agung Made Karangasem dari Kerajaan Karangasem Bali. Keunikan desain arsitektur pura dengan keberadaan tiga meru bertingkat yang dibuat dengan menggunakan atap dari bahan ijuk merupakan daya tarik tersendiri.

Tempat Wisata di Lombok (Kabupaten Lombok Barat)

  • Pantai Senggigi

Kawasan wisata yang dikenal luas, fasilitas penunjang bisa dijumpai dengan mudah di sini. Mulai dari keberadaan hotel murah, sarana transportasi, jasa pemandu wisata, penyewaan alat-alat snorkeling , dan lain-lain.

  • Pura Batu Bolong

Pura ini memiliki suasana yang mirip dengan Tanah Lot di Bali, terutama karena lokasinya yang ada di tepi pantai. Sebagai tambahan, pura ini memiliki ciri khas pada keberadaan batu berlubang yang ada di area pura.

  • Pantai Sekotong

Pantai yang berjarak 60 Km dari pusat Kota Mataram ini memiliki keindahan yang membuat siapa pun terpukau. Terlebih, pantai ini merupakan pantai yang dikeliling oleh area perbukitan, membuatnya jadi lokasi yang bersih dan jarang terjamah tangan manusia. lokasinya berdekatan dengan Pantai Sekotong. Mulai dari Gili Asahan, Gili Layar, Gili Tangkong, Gili Gede, Gili Sudak, Gili Nanggu, dan lain-lain.

  • Gili Sudak

Pemandangan indah dihiasi oleh keberadaan deretan pohon cemara, keindahan alam bawah laut yang penuh dengan keragaman hayati. Hanya butuh menempuh jarak 1 jam perjalanan dak Kota Mataram. setelah itu, perjalanan diteruskan dengan naik perahu motor yang berkapasitas untuk enam orang. Sampailah Anda di Gili Sudak.

  • Gili Kedis

Sebuah pulau yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Gili Sudak. Bahkan, untuk berkeliling pulau bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, hanya 7 menit. Anda tidak akan bisa menemukan fasilitas apa pun di pulau ini. Oleh karena itu, kalau ingin berlama-lama di tempat wisata ini, Anda harus menyiapkan perbekalan terlebih dulu. Sebagai sarana menginap, Anda bisa menemukannya di Gili Sudak.

  • Hutan Wisata Sesaot

Tempat wisata ini adalah Hutan Wisata Sesaot yang terletak di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Terdapat mata air segar yang bersumber dari Gunung Rinjani di tempat ini. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar secara langsung dari masyarakat Suku Sasak yang tinggal di Desa Sesaot.

Tempat Wisata di Lombok (Kabupaten Lombok Utara)

  • Gili Trawangan

Pulau yang satu ini menawarkan beragam aktivitas wisata. Anda bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut yang memukau, hamparan pasir putih yang luas, ataupun pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan. Akses cukup  mudah dari Pelabuhan Bangsal atau bisa pula dari Padang Bai di Bali..

  • Gili Air

Pulau kecil yang berada satu gugus dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Karena ukurannya yang kecil, Anda pun bisa mengelilingi tempat wisata ini dengan berjalan kaki hanya dalam waktu 90 menit.

  • Gili Meno

Pulau masuk dalam gugusan Kepulauan Gili di Lombok, merupakan pulau yang paling sepi. Terutama, ukuran tempat wisata ini juga lebih kecil dibandingkan dengan kedua gili lain dengan jumlah penduduk kurang lebih hanya 400 orang.

  • Pelabuhan Bangsal
Baca juga....  Sepatu Pria, Pilih Santai Atau Formal?

Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang utama menuju ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air dan bisa ditempuh sekitar 40 menit perjalanan dari Pantai Senggigi. Dari sini, para wisatawan bisa menemukan kapal feri yang berangkat secara rutin menuju ketiga tempat wisata tersebut.

  • Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun ini cukup tersembunyi, tertutup oleh hutan belantara di lereng Gunung Rinjani, berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 60 km dari Kota Mataram, dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Lamanya perjalanan akan terobati oleh keindahan air terjun berjuluk air terjun pelangi ini.

  • Pantai Tebing

Tempat wisata yang baru ini populer di kalangan wisatawan lokal. Tebing sepanjang 50 meter menjadi ciri khas dari pantai di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, yang lebih dikenal pantai ini dengan nama Pantai Luk. Menuju ke tempat ini tidak sulit, menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum, dengan menempuh perjalanan sejauh 42 Km dari Kota Mataram.

loading...
  • Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile di Senaru

Kedua tempat wisata alam ini memiliki pemandangan yang indah dan menyegarkan mata, berada di pada ketinggian 600 mdpl. Kedua air terjun ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit, lo. Terletak di Desa Senaru yang berjarak sekitar 60 Km dari Kota Mataram. Hanya menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di Desa Senaru, dilanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit.

  • Pantai Nipah

Dari Senggigi, Anda hanya butuh waktu perjalanan selama 20 menit. Perjalanan pun akan terasa menyenangkan, karena ditemani oleh pemandangan area bukit yang hijau. Menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Nipah. Menariknya lagi,

  • Air Terjun Kerta Gangga

Berlokasi di Dusun Kerta yang masuk dalam wilayah Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Tidak hanya bisa menyaksikan keindahan satu air terjun, tapi tiga air terjun sekaligus, masing-masing Air Terjun Kerta Gangga 1, 2, dan 3. Anda pun bisa mandi di ketiga air terjun tersebut meskipun kolam di air terjun ini cukup dalam, mencapai 2 m.

Tempat Wisata di Lombok (Kabupaten Lombok Tengah)

  • Pantai Kuta Lombok

Terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut berjarak kurang lebih 50 Km dari Kota Mataram, Pantai Kuta Lombok ini punya garis pantai yang sangat panjang, mencapai 7,2 Km, berdekatan dengan tempat-tempat wisata, di antaranya adalah Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, Pantai Seger, Pantai Selong Belanak, ataupun Pantai Putri Nyale.

  • Pantai Seger

Hanya perlu melanjutkan perjalanan ke arah timur sejauh 4 Km. Di sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan dari atas bukit. yang kerap menjadi lokasi olahraga selancar favorit dengan ombaknya yang tinggi,

  • Pantai Putri Nyale

Identik dengan cerita legenda Putri Mandalika. Jarak tempat wisata ini hanya selemparan batu dari Pantai Seger, pantai ini juga memiliki hamparan pasir yang indah. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Lombok, suasana di pantai ini relatif lebih sepi. Cocok bagi Anda yang tidak suka dengan keramaian. Masyarakat akan berlomba-lomba mencari binatang laut yang bentuknya mirip cacing disebut dengan nyale. Konon, cacing nyale tersebut merupakan jelmaan Putri Mandalika yang memilih terjun ke tengah laut daripada harus dipersunting oleh pangeran.

  • Desa Sade

Suku Sasak yang dikenal sebagai penduduk asli Pulau Lombok. Masyarakat yang tinggal di Desa Sade melestarikan budaya yang diturunkan secara turun temurun. Berjarak sekitar 6 Km dari Desa Kuta ini, anda dapat menyaksikan rumah-rumah tradisional milik penduduk yang masih menggunakan bahan-bahan tradisional untuk pembangunan rumah, mulai dari tiang kayu, atap dari alang-lang kering, hingga dinding dari bambu.

Baca juga....  Cabe atau Cabai, Kenali Jenis dan Kegunaannya

Hal menarik lain yang bisa dijumpai di tempat ini, terkait kebiasaan warga Desa dalam memanfaatkan kotoran kerbau mereka gunakan sehari-hari untuk membersihkan rumah, yang berguna untuk mengusir serangga dan serangan magis.

  • Pantai Tanjung Aan

Pantai yang ramai dikunjungi wisatawan karena struktur pasir yang ukuran yang cukup besar seperti merica. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di tempat wisata ini, mulai dari berenang, snorkeling, selancar, ataupun sekadar menyaksikan pemandangan dari tepi pantai.

  • Bukit Merese

Dari padang rumput atas bukit ini, Anda akan bisa menjumpai keberadaan kerbau yang mencari makan. Anda dapat pula menyaksikan pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian Anda bisa bersantai sembari berburu foto instagrammable atau menunggu kedatangan waktu matahari terbenam.

  • Pantai Selong Belanak

Terletak di wilayah administratif Kabupaten Lombok Tengah, 19 Km ke arah barat dari Pantai Kuta Lombok. Menuju ke tempat ini cukup mudah, 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok. Pantai diapit oleh dua bukit garis pantai yang cukup panjang, mencapai 1 Km dengan pasir lembut serta ombak yang tidak terlalu besar menjadi pemandangan yang menyegarkan cocok untuk belajar selancar, dan tersedia fasilitas penyewaan papan sekaligus kursus selancar.

  • Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun di kaki Gunung Rinjani juga menjadi pilihan tempat wisata alam yang menarik untuk didatangi. Berlokasi di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah ini memang punya pemandangan indah. Sejatinya, air terjun pada tempat wisata ini berasal dari beberapa mata air. Namun, karena keberadaan mata air tersebut tertutup oleh tumbuhan yang rimbun, terlihat seperti kelambu. Benang Kelambu ini merupakan air terjun yang punya tiga tingkat . Tingkat pertama memiliki ketinggian 30 meter, dan tingkat kedua serta ketiga 10 meter dan 5 meter.

  • Pantai Semeti

Pantai di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Berjarak 60 Km bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dari Kota Mataram. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Selong Belanak, kurang lebih 5 Km, dan masih sepi pengunjung, tapi anda bisa menyaksikan keindahan alam yang mengagumkan.

Untuk bisa menyaksikan keragaman biota laut cukup berjalan di tepi pantai dan menyaksikan suguhan pemandangan di akuarium alami yang ada di sana. Keberadaan batu-batu karang di tepi pantai memang membentuk beberapa akuarium alami yang bisa disaksikan secara langsung. Hewan-hewan laut yang berenang bebas.

  • Batu Payung

Ciri khas batu karang besar bentuknya seperti payung sehingga disebut dengan nama Pantai Batu Payung. Berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke tempat ini.

Tempat Wisata di Lombok (Kabupaten Lombok Timur)

  • Taman Nasional Gunung Rinjani

Tempat wisata yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia—setelah Gunung Kerinci. Keindahan Segara Anak yang berada di kaldera Gunung Rinjani. Ingin mendaki Gunung Rinjani?, Pesan dulu kepada pihak pengelola tempat wisata ini. Bisa secara langsung menuju kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani di alamat Jl. Arya Banjar Getas Lingkar Selatan Kota Mataram. Terdapat dua pintu masuk jalur pendakian, yakni Pintu Masuk Sembalun dan Pintu Masuk Senaru.

  •  Desa Sembalun

Berjarak 90 Km dari Kota Mataram tidak hanya menjadi lokasi pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani. Suguhan pemandangan yang alami. Pemandangan hijau bisa disaksikan ke mana pun mata memandang. Tidak heran kalau para pendaki kerap menghabiskan waktu cukup lama di tempat wisata ini. Meski, hanya untuk sekadar melepas lelah sembari berfoto narsis.

  • Puncak Pergasingan
Baca juga....  Taman Wisata Alam, Tempat Menikmati Alam

Jika Anda memiliki waktu tidak sempat mendaki ke Gunung Rinjani, Puncak Pergasingan bisa menjadi alternatif. Bukit yang berada di Desa Sembalun dengan ketinggian mencapai 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Anda bisa menyaksikan pemandangan unik berupa, petak-petak sawah milik masyarakat Desa Sembalun yang terlihat berwarna-warni.

  • Hutan Bambu Sembalun

Anda akan menyaksikan keberadaan hutan bambu yang telah ditata secara teratur oleh masyarakat setempat. Penataan ini merupakan upaya masyarakat setempat untuk menjadikan Sembalun sebagai desa wisata.Bagi para pencinta foto selfie latar belakang hutan bambu bisa menjadi foto yang menarik.

  • Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun yang berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur berjarak kurang lebih 60 Km dari Kota Mataram. Akses menuju ke lokasi tempat wisata Air Terjun Mangku Sakti juga cukup jauh, mencapai 3 Km, bisa ditempuh dengan ojek yang juga berperan sebagai seorang pemandu dan portir.

Aliran air yang berwarna biru kehijauan, andapun bisa menemukan keberadaan air terjun kedua, yaitu Air Terjun Mangku Kodek.

  • Wisata Pohon Purba Lian

Berada di Dusun Menanggabaris, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, perjalanan selama 2,5 jam, keunikan utama dari tempat ini adalah pada keberadaan pohon-pohon berusia ratusan tahun yang menjulang tinggi. Konon, pohon-pohon jenis lian berdiameter 5 meter dan tinggi  mencapai 50 meter ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Berdiri di samping pohon, Anda akan merasa seperti Bilbo Baggins, tokoh utama dalam film The Hobbit.

  • Pantai Pink

Sesuai dengan namanya, pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna kemerahan karena tercampur dengan serpihan terumbu karang berwarna merah. Warna kemerahan tersebut akan terlihat sangat mencolok pada saat pasir terkena air laut. Terlebih, kalau Anda datang ke tempat ini pada suasana yang cerah. Berjarak 90 Km dari Kota Mataram dengan perjalanan selama 2 jam, ada beberapa tempat menarik lain yang bisa dijumpai ketika datang ke sini. Di antaranya adalah Tanjung Ringgit, Gua Jepang, ataupun Pantai Tanjung Beloam.

  • Tanjung Ringgit

Anda akan bisa menyaksikan keberadaan pemandangan tebing karang yang indah. Para pencinta fotografi akan terpuaskan ketika datang ke tempat ini dan terlihat semakin menarik saat diabadikan dalam sebuah foto.

  • Gua Jepang

Anda akan menjumpai keberadaan bekas-bekas markas perang Jepang. Salah satunya adalah sebuah meriam yang kondisi yang cukup terawat, dengan panjang 5 m dan diameter 27 cm.

  • Pantai Tanjung Beloam

Masih berada di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karang berukuran besar dan terdapat hamparan pasir putih yang tidak terlalu luas. Anda pun bisa terjun dan berenang di area pantai.

  • Pantai Cemara

Disebut sebagai salah satu pantai tersembunyi, lokasinya di ujung timur Lombok, berdekatan dengan Tanjung Ringgit dan masuk dalam wilayah Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru. Anda bisa bersantai tanpa gangguan di tempat wisata ini. Pemandangannya pun indah. Dengan keberadaan hamparan pasir putih yang diselingi oleh keberadaan rerumputan dan pohon cemara.

Penasaran, ayo, tidak usah lama-lama mikir, siapkan diri dan bekal yang cukup. Ayo wisata ke Lombok, masih banyak tempat wisata di Lombok yang belum sempat diceritakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *