Webinar

ragam.infoWebinar kata yang sering kita dengar seiring perkembangan zaman, teknologi hadir menjadi solusi efektif untuk mengatasi berbagai masalah dan keterbatasan. Berbagai pihak merasa perlu menyebarkan informasi. Saat ini, webinar adalah salah satu media yang mulai digunakan untuk membagikan informasi.

Apaitu Webinar?

Webinar adalah singkatan dari website seminar, yaitu seminar yang diselenggarakan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet secara langsung. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet dan berinteraksi dengan pesertanya baik melalui media tulisan/chat maupun komunikasi langsung melalui media audio dan video.

Keuntungan Webinar

Keuntungan Webinar Bagi Peserta
Jika kamu adalah seseorang yang selalu ingin menambah ilmu dari berbagai sumber, namun terkendala jarak, ongkos dan berbagai kendala yang mahal, maka menghadirinya adalah cara tepat untuk mulai menggali informasi yang kamu butuhkan. Ada berbagai jenis topik yang disediakan oleh penyelenggara, mulai dari tips and tricks, cara mengoperasikan suatu sistem, atau penyusunan strategi berbisnis bahkan sekolah maupun kuliah pun juga diselenggarakan.

Keuntungan Bagi Penyelenggara Acara
Di sisi lain, bagi penyelenggara acara yang ingin menjaring peserta dari berbagi lokasi dan juga pembicara dari berbagai lokasi juga, webinar merupakan satu langkah tepat yang bisa kamu ambil. Jika kamu bisa menjalankannya dengan optimal, akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh. Mulai dari menjaring leads hingga mengiklankan brand, inilah keuntungan menggunakannya untuk membagikan informasi:

Wadah mengumpulkan leads
Sama halnya seperti mengumpulkan anggota yang memiliki satu kesamaan, leads yang akan kamu dapatkan merupakan orang-orang yang tertarik dengan tawaran webinarmu. Para “penonton” ini adalah orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, perhatikan pemilihan topik.

Membantu pengumpulan feedback
Jika kamu ingin mencari tau hasil dari kampanye atau promo yang sudah kamu lakukan, kamu bisa memberikan kuesioner melalui webinar. Selain itu, jika kamu sedang membutuhkan inovasi baru untuk bisnismu, kamu bisa pula menggunakan media ini. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang relevan hingga bisa memberikanmu jawaban atau solusi yang kamu butuhkan.

Media promosi produk atau campaign terbaru
Kamu juga bisa menggunakan webinar untuk membagikan informasi terkait peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang kamu jalankan. Tapi jangan lupa, tetap utamakan kualitas materi yang akan dibagikan dalam seminar. Pasalnya, seminar yang berkualitas adalah ketika seminar tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Menunjukkan keunggulan bisnis atau keahlian brand
Selain membagikan materi yang bermanfaat, kamu juga bisa sambil membagikan informasi mengenai produk yang kamu tawarkan. Meski kamu menyelipkan iklan di tengah materi, tapi ingat lho ya, berikan materi yang bermanfaat juga. Kamu bisa meyakinkan peserta terlebih dulu melalui materi yang meyakinkan, baru kamu bisa lakukan soft-selling produkmu di akhir seminar.

Apa Saja Jenis-jenis Webinar

Apa saja jenis webinar dan apa bedanya? Jangan sampai salah membedakan, ada beberapa jenis video yang sering disalahpahami. Seorang Wikipediawan pecinta bahasa Indonesia, Ivan Lanin, pernah membagikan tweet mengenai dua istilah lain yang dipahami;

loading...

Web broadcast (webcast)

Web broadcast (webcast) yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “siaran web” yang bisa saja konten atau isi siaran dibuat terlebih dahulu (tidak live), berbeda dengan webinar berdasarkan jumlah penonton karena webcast dapat “dihadiri” oleh ribuan orang atau lebih, jauh lebih banyak ketimbang webinar yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang dan komunikasi cenderung satu arah yaitu dari pembicara ke peserta meskipun bisa dengan memberikan komentar pada kolom komentar jika disediakan.

Web conference atau video conference

Web conference atau video conference yang dalam bahasa Indonesia adalah telekonferensi (telekon) juga berbeda dengan webinar jika dilihat dari arah komunikasi, karena webinar biasanya terjadi dari satu arah sedangkan peserta dalam telekon biasanya dapat melakukan diskusi dengan pembicara.

Memilih Media Webinar

Memilih Media yang tepat tidak terlalu suliit, biaya atau ongkos bukanlah kunci dari alasan kenapa kita memilih media tertentu. Mengingat webinar adalah web seminar yang diadakan melalui sambungan internet, maka saat ini ada berbagai aplikasi live streaming video yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Pertimbangkan terlebih dulu berdasarkan topik, pembicara, waktu dan durasinya, serta jumlah peserta yang kamu harapkan. Setelah itu, pilih salah satu dari berbagai platform yang terdiri dari media sosial hingga aplikasi seperti berikut:

Zoom salah satu aplikasi pilihan jika kita menginginkan seminar lebih interaktif melalui audio video, banyak pembicara yang tidak disatu lokasi sama, meskipun jumlah peserta lebih terbatas 100 orang , waktu dibatasi 40 menit tiap sesi dan bisa disambungkan lagi jika menggunakan yang basic (gratis) berbeda dengan jika menggunakan yang berbayar, durasi lebih lama dan jumlah peserta sampai 1000 an. serupa dengan aplikasi zoom masih banyak lagi aplikasi yang antara lain ada google meet dan banyak aplikasi lainnya. Webinar dengan aplikasi seperti ini bisa diselenggarakan secara tertutup, hanya diberikan akses saja yang bisa bergabung dalam acara ini, bahkan admin dari penyelanggara bisa memutus komunikasi dan mengeluarkan peserta.

YouTube Live, banyak diantara kita mengenal youtube sebagai kanal atau siaran internet yang menyediakan informasi audio video berupa, film bioskop, lagu atau video clip, maupun film dokumenter termasuk bagaimana membuat sesuatu. Media youtube dapa digunakan untuk media webinar secara lasngsung/live dengan satu atau lebih pembicara yang berada di satu lokasi (meskipun bisa berbeda lokasi namun perlu alat komunikasi tambahan). Interaksi pembicara bisa dilakukan pesan tertulis/chat atau tambahan media lain, Jangkauannya sangat luas (hampir tidak terbatas, kecuali kanal youtube di blok di lokasi tertentu), jumlah peserta hampir tidak terbatas dan gratis serta tidak perlu aplikasi tambahan baik disisi penyelenggaran maupun peserta, hanya diperlukan aplikasi berselancar di internet yang pada umumnya sudah diinstal di perangkat gadget seperti handphone, tablet, laptop maupun PC desktop.

Facebook, Instagram atau Tweeter Live, tidak asing masyarakat di banyak negara, media sosial ini juga bisa menjadi media pilihan untuk menyelengaranan webinar, hampir sama dengan media youtbe live, perbedaan yang mendasar hanyalah kita harus meliki akun dari media sosial yang akan digunakan, dan sebagian mensyarakatkan harus berteman atau mengikuti (follow) dengan akun yang digunakan penyelenggara, selain itu semua fitur dan kelebihan serta kekuarannya sama dengan media youtube.

Dari ketiga jenis diatas tentunya anda sudah sering menggunakan dan anda dapat kelebihan dan kekurangnya serta anda dapat memilih sesuai kebutuhan, bahkan mungkin anda akan memilih untuk menggabungkan ketiga, dan itu memungkinkan.

Alur Kerja Webinar

Alur Kerja Webinar pada dasarnya hampir sama dengan seminar biasa, akan tapi pada beberapa tahan hanya dilakukan dengan vitual/maya tanpa harus bertatap muka, kita bisa mengadakan suatu seminar yang bisa saja dihadiri oleh lebih dari jumlah target seminar yang kita perkirakan. Namun, kiata harus bisa memperkirakan bagaimana caranya agar kita bisa menyusun suatu acara yang berhasil menarik target sasaran. Oleh karena itu, kamu harus memahami terlebih dulu bagaimana alur kerjanya.

Rancang Acara Secara Matang

Rancang Acara Secara Matang, siapkan tim dan bagi tugas masing-masing tim. Seperti ketika kita akan mengadakan sebuah seminar, pilik topik dan judul seminar, siapa pembicaranya, kapan dilaksanakan, berapa durasi yang dibutuhkan dan jangan lupa tentukan target dan jumlah peserta.

Pilih media yang akan digunakan, menggunakan kombinasi beberapa media bisa menjadi pilihan dan tentu saja semua harus disiapkan sesuai rancangan.

Siapkan Perangkat

Perangkat elektronik seperti laptop/komputer, gadget lain terasuk kamera tambahan untuk mgnhasilkan tampilan yang masimal. selain itu siapkan juga email aktif untuk mendaftarkan dan menerima link yang mengarahkanmu ke video webinar. Koneksi internet stabil dan cepat beserta aplikasi browser (Chrome, Safari, Mozilla Firefox). perangkat tambahan lain seperti headset/speaker atau perangkat audio yang memadai.

Jalani langkah-langkah berikut:

  • Promosikan melalui media web atau media sosial tentang acaramu, tapi sebaiknya tidak terlalu lama jarak antara promosi dan waktu penyelengaraan, bisa lupa atau dilupakan karena banyak acara serupa yang diselenggarakan berbagai pihak. kaitkan dengan moment tertentu agar mudah diingat, untuk menarik peserta bisa disiapkan e-setifkat, hadiah dan undang tokoh yang berpengaruh.
  • Buka pendaftaran di website terkait, gunakan email atau akun media sosial untuk memudahkan pengelolaan pendaftaran.
  • Salin link yang akan mengarahkanmu ke video saat acara berlangsung. Biasanya link ini terlampir di email konfirmasi, cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar.
  • Catat jadwal penyelenggaraan , jika perlu, buatlah pengingat di ponsel atau laptopmu, jangan lupa juga ingatkan para nara sumber.
  • Jangan lupa kamu harus “hadir” saat acara berlangsung. Persiapkan catatan jika perlu, pastikan semua tim bekerja baik untuk suksesnya acara.
  • Lakukan review dan evaluasi untuk pembenahan jika kita ingin ada acara yang akan datang.

Tak hanya hemat waktu dan biaya yang kamu habiskan untuk membuat seminar, webinar sama menariknya bagi peserta dengan berbagai keuntungan lainnya, seperti bisa menggunakan pakai bebas, bisa diikuti sambil baring, bisa ikuti beberapa acara tanpa harus meninggalkan/pindah tempat. Seminar dapat direkam dan hasil rekaman yang kita peroleh juga bisa di putar ulang jika ada beberapa poin yang terlewatkan.